Seperti Air Yang Mengalir Seperti itulah HARAPAN ku

Seperti Air Yang Mengalir Seperti Itulah Harapanku

Sabtu, 04 Juni 2011

GURUKU

Guru merupakan profesi/jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang kependidikan.
Fungsi sentral guru adalah mendidik (fungsi educational) yang juga sejalan dengan atau dalam melakukan kegiatan mengajar (fungsi instruktusional) yaitu untuk membina seluruh kemampuan dan sikap yang baik dari murid sesuai dengan ajaran Islam.
 Pendidik dalam menjalani tugasnya harus mempunyai beberapa kompetensi: Kompetensi keperibadian, kompetensi penguasaan bahan ajar, dan kompetensi dalam cara mengajar.
Pertanyaan :
1.      Bagaimana dengan  guru sekarang
2.      Apakah  melakukan pengabdiannya kepada manusia
3.      Apakah  pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa, buktikan
Jawabannya : 

Kondisis guru dinegara indonesia saat ini

a.       kondisi sekarang ini guru telah dijauhkan dari prinsip egaliter (persamaan) perbedaan selalu dimunculkan bahkan sampai merusak silaturrahmi diantara guru
b.      Guru dahulu menempatkan peringkat atas dan merupakan pekerjaan yang banyak  diminati oleh banyak orang tapi  sekarang guru menempatkan posisi yang sangat memperihatinkan atau mungkin yang terakhir karena tuntutan zaman yang memaksa untuk bersaing dalam mempertahankan hidup.
c.       Kebanyakkan guru saat ini hanya asal mengajar dan tentunya belum layak dikatakan sebagai guru  yang bermutu
d.     Kebanyakan guru-guru sekarang tidak mengajar sesuai bidangnya,contohnya lulusan sarjana teknik elektro mengajar biologi  atau kimia padahal mereka sama sekali tidak memiliki syarat-syarat keguruaan , hanya mentransfer ilmu sesuai dibuku yang dipegangnya saja
e.      Kebanyakkan guru pada saat ini tidak menjalankan tugas sebagaimana mestinya ,seperti mendididk,mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasikan peserta dididk.
f.        Kebanyakkan guru-guru menjalankan tugasnya bukan benar-benar dari panggilan jiwa tapi hanya sebagai tuntutan pekerjaan dan juga kebutuhan
g.      Gurur-guru sekarang kebanyakan lebih mengedepankan materi sehingga profesi gurur mulai mengalami pergeseran makna
h.      Kondisis gurur saat ini memiliki nilai kualitas yang rendah karena kebanyakan pekerjaan sebagai gurur merupaka pelarian semata karena setelah mereka gagal dalam memperolah pekerjaan yang lebih menjamin kesejateraan mereka.

Bagaimana pengabdiannya kepada kemanusiaan

Tidak melakukan pengabdian kepada manusia,  Seharusnya seorang guru bisa dijadikan siru tauladan bagi masyarakat dan juga peserta didik, mendidik masyarakat terutama peserta didik tanpa membedakan status sosial dengan sesungguh hati karena pekerjaan guru sangatlah mulia dimata  masyarakat, tapi pada kenyataanya kebanyakkan guru-guru pada saat ini tidak seperti yang diharapkan, tidak bisa dijadikan suri tauladan masyarakat ataupun pada peserta dididk.
Contoh kasus adalah
banyak guru yang bolos pada saat jam pelajaran atau jam kanto
tidak menggunakan waktu secara maksimal, pada saat jam istirahat bukanny
menyelesaikan tugas sekolah mala ngerumpi atau arisan 
guru yang melakukan hubungan seksual dengan siswa atau sesama rekan kerja
(terjadi dikupang dan surabaya) 
  guru yang berhubungan seksual dengan pegawai warung

“seperti kata pepatah guru kencing berdiri murid kencing berlari” 

Bagaimana pengabdiannya kepada Tuhan Yang Maha Esa
`     Tidak semua guru mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kebanyakan guru tidak dapat mengajarkan atau mendidik peserta didik dengan mernggunakan ilmu-ilmu agama sebagai landasannya. bahkan banyak juga guru-guru yang mengajar hanya dermi kebutuhan semata bukan demi mengabdi pada tuhan yang maha Esa, sehingga melupakan tugasnyan norma-norma yang ada.
Guru jarang melakukan : 
  Mengajarkan ilmu sesuai dengan keterampilannya atau sesuai dengan bidangnya masing-masin
    Mensyukuri setiap nikmat yang diberikan oeh-NYA 
Mendidik masyarakat tidak hanya dengan ilmu duni tetapi juga dengan ilmu
agama, seperti akhlaq, moral, etiak 
   Mendidik dengan penuh rasa tanggung jawab dan keikhlasan
Kesimpilan
Kondisi pendidikan dinegara indonesia saat ini sangat memperihatinkan , karena bagi mereka Pekerjaan sebagai seorang guru saat ini bukanlah berasal dari panggilan jiwa tapi hanya sebagai tuntutan pekerjaan, sehingga guru-guru saat ini hanya asa-asalan dalam mengajar dan karena tuntutan zaman dimana –masing dari mereka harus mementingkan kehipupan diri sendiri.
Masih rendahnya tingkat profesionalisme guru saat ini disebabkan oleh faktor-faktor yang berasal dari internal guru itu sendiri dan faktor lainnya yang berasal dari luar. Faktor-faktor tersebut antara lain: Penghasilan yang diperoleh guru belum mampu memenuhi kebutuhan hidup harian keluarga secara mencukupi. Oleh karena itu, upaya untuk menambah pengetahuan dan informasi menjadi terhambat karena dana untuk membeli buku, berlangganan koran, internet, tidak tersedia. Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan dapur harus juga melakukan kerja sampingan lainnya.
Profesi guru yang dulu merupakan profesi yang paling bergengsi dan menjadi dambaan bagi generasi muda pada zaman leluhur kita, kini menjadi profesi yang kurang diminati dan dihargai dibanding dengan profesi lainnya. Orang tua akan sangat bangga jika anaknya menjadi seorang dokter, insinyur, tentara, polisi, atau profesi lainnya dibanding menjadi seorang guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar