Seperti Air Yang Mengalir Seperti itulah HARAPAN ku

Seperti Air Yang Mengalir Seperti Itulah Harapanku

Sabtu, 07 Juni 2014

4 KAWAN YANG HARUS DIJAUHI

Wasiat Amirul Mu'minin Ali bin Abi Thalib:
1.    Jangan berkawan dengan orang yang tamak(rakus dan serakah) karena pada dzohirnya ia ingin membahagiakanmu tapi hakikatnya dia akan mencelakakanmu.
2.    Jauhilah berteman dengan pembohong karena ia dapat menjadikan orang yang dekat lari daripadamu.
3.    Janganlah berkawan dengan orang yang bakhil(pelit) karena ia akan melupakanmu di waktu kamu sangat memerlukannya.
4.    Dan jauhilah bersahabat dengan orang yang suka berbuat jahat atau dholim karena ia tidak malu untuk menjualmu dengan harga yang sangat murah...
ISLAM FOR BEGINNER
4 Jenis Teman
Oleh: bidadari_azzam
BERTEMAN merupakan perkara lumrah manusia selaku makhluk sosial. Ibnul Qayyim rahimahullah membagi teman dalam 4 jenis, yaitu :
1.    TEMAN LAKSANA MAKANAN
Yang tidak dapat ditinggalkan walau seharipun. Mereka adalah para ulama teman-teman nan sholeh dan ahli Ibadah Bergaul dengan kelompok ini membawa keuntungan besar, di dunia hingga kelak di akhirat.
2.    TEMAN LAKSANA OBAT
Yang dibutuhkan dikala sakit dan sewaktu-waktu. Kita membutuhkan mereka untuk memenuhi keperluan hidup, semisal: rekan kerja, tetangga kerabat.
3.    TEMAN LAKSANA PENYAKIT
Wajib kita jauhi atau obati  Berkawan dengannya tidaklah memberikan keuntungan dunia, terlebih lagi buat akhirat. Termasuk dalam bagian ini adalah kawan yang malas belajar, doyan gossip, iri dengki, pembenci, suka ghibah, dan lainnya.
4.    TEMAN LAKSANA RACUN
Merekalah para penyeru kesesatan, orang yang gemar berbuat dosa dan maksiat, tiada takut melakukan dosa besar, selalu menggoda untuk melakukan sikap prilaku buruk dan tercela, serta yang semisalnya.
(Bada’iul Fawaid; Ibnul Qayyim)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar